Desriyondra, Desriyondra (2016) Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Matematika dengan Lesson Study di Kelas V SD Gugus VI Kota Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DESRIYONDRA_14124011_6345_2016.pdf [thumbnail of B1_1_DESRIYONDRA_14124011_6345_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DESRIYONDRA_14124011_6345_2016.pdf
Download (574kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kompetensi pedagogik
guru terutama dalam pembelajaran Matematika di kelas V SD Gugus VI Kota
Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam
menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), melaksanakan proses
pembelajaran, dan melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan Lesson Study.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Peneltian ini
dilakukan dalam 2 siklus, dimulai pada bulan April sampai dengan Mai 2016.
Penelitian ini berlokasi di SD Gugus VI Kota Solok dengan subjek penelitian guru
kelas V yang berjumlah 6 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui analisis
dokumen dan observasi. Keefektifan tindakan pada setiap siklus dari hasil analisis
dokumen dan observasi dianalisis secara deskriptif kemudian direfleksikan untuk
melakukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lesson Study dapat
meningkatkan kompetensi pedagogik guru terutama dalam penyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan proses pembelajaran, dan
pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Peningkatan
terlihat pada penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I dengan nilai rata-rata 78,00
dalam kategori “Baik”, pada siklus II menjadi 92,67 dalam kategori “Amat Baik”.
Peningkatan pada pelaksanaan proses pembelajaran siklus 1 dengan nilai rata-rata
73,14 dalam kategori “Cukup”, pada siklus II menjadi 86,40 dalam kategori
“Baik”. Pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran siklus I dengan nilai rata-rata
82,44 dalam kategori “Baik”, pada siklus II menjadi 89,59 dalam kategori “Baik”.
Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa Lesson Study dapat
digunakan dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam
pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 04:18 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 04:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5948 |