Implementasi Sistem Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa oleh Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang

Susanti, Dessi (2014) Implementasi Sistem Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa oleh Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DESSI_SUSANTI_51397_2126_2014.pdf] Text
B1_1_DESSI_SUSANTI_51397_2126_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang ada di Program Studi Pendidikan Ekonomi penulis jumpai melalui
pengamatan secara berkelanjutan. Penulis melihat bahwa banyak Dosen Program Studi
Pendidikan Ekonomi tidak mengembalikan lembar jawaban mahasiswa setelah UTS/UAS, tidak
menganalisis kualitas soal ujian dengan mengacu pada persyaratan soal, dan tidak menggunakan
acuan kriteria sebagaimana yang diatur oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: 1) Implementasi Sistem Penilaian Hasil Belajar
Mahasiswa Oleh Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP. 2) Kendala-kendala yang
dialami Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi dalam Implementansi Sistem Penilaian Hasil
Belajar Mahasiswa. 3) Solusi mengatasi kendala-kendala yang dialami oleh Dosen Program Studi
Pendidikan Ekonomi dalam Implementasi Sistem Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
Metode penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan menggunakan Teori
Evaluasi Hasil Belajar. Informan penelitian ini terdiri dari 10 orang dosen (termasuk Ketua
Program Studi dan Sekretaris), 12 orang Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNP yang
ditentukan secara ”purposive’. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik snow ball, sedangkan
teknik analisis datanya menggunakan langkah-langkah yaitu: reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan. Validitas datanya dilakukan dengan cara: triangulasi data dan pemeriksaan
teman sejawat.
Temuan Umum dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: Kebijakan Pimpinan dan
Karakteristik Keilmuan dosen di Program Studi Pendidikan Ekonomi pada hakekatnya sudah
mengakomodir untuk terciptanya Kinerja dosen (Khususnya terkait dengan Penilaian hasil
Belajar Mahasiswa. Temuan Khusus dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pada umumnya
Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi dalam Implementasi Sistem Penilaian Hasil Belajar
Mahasiswa, mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan,
namun ada juga beberapa hal yang belum dilaksanakan yaitu dalam Menganalisis Butir Soal dan
Mengembalikan Lembaran Jawaban UAS. 2) Kendala Yang Dialami Oleh Dosen Program Studi
Pendidikan Ekonomi Dalam Implementasi Sistem Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa adalah
kurangnya Komitmen Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi untuk melaksanakan sistem
penilaian hasil belajar dengan mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan. 3) Solusi mengatasi kendala yang dialami dosen adalah harus ada Kebijakan dan
Aturan Khusus yang dikeluarkan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Dekan FE
UNP untuk terciptanya Komitmen Dosen supaya mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Badan
Standar Nasional Pendidikan. Peneliti menyarankan kepada Ketua Program Studi Pendidikan
Ekonomi dan Dekan FE UNP, agar memfasilitasi dengan seperangkat Kebijakan dan Program
program lembaga ke depannya. Misalnya memberikan Penghargaan kepada dosen yang memiliki
Kinerja yang bagus, atau membuat aturan yang Mengharuskan Dosen Program Studi Pendidikan
Ekonomi untuk menyiapkan bank soal yang berkualitas yang sudah teruji.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2025 03:55
Last Modified: 17 Apr 2025 03:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5946

Actions (login required)

View Item
View Item