Kontribusi Komitmen Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD di SDN Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Nadarlis, Nadarlis (2011) Kontribusi Komitmen Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD di SDN Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NADARLIS_51358_3697_2012.pdf] Text
B1_1_NADARLIS_51358_3697_2012.pdf

Download (146kB)

Abstract

Guru merupakan aset bangsa yang perlu ditingkatkan baik secara kualitas
maupun kuantitas. Profesionalisme guru adalah komponen vital yang
meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Kinerja guru merupakan salah satu faktor yang memegang peranan
penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Dari studi awal yang peneliti
lakukan pada sekolah dasar negeri di kecamatan Batang Kapas terlihat kinerja
guru cenderung rendah. Masalah lain yang ditemui masih banyak kepala sekolah
yang tidak menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin pendidikan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian
“ex-post facto“ karena masalah yang diteliti sudah terjadi dan kemudian menurut
kebelakang melalui data untuk menemukan faktor-faktor yang mendahului atau
menentukan sebab-sebab yang mungkin atas peristiwa yang diteliti. Populasi
penelitian ini adalah seluruh guru yang berstatus PNS mengajar di Sekolah Dasar
Negeri di dalam Kecamatan Batang Kapas. Berdasarkan studi pendahuluan
diperoleh jumlah populasi sebanyak 385 orang. Mengingat jumlah populasi cukup
besar perlu diambil sampel. Pengambilan sampel ini akan dilakukan dengan
menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Jadi sampel dalam
penelitian ini adalah 117 orang. Sampel sebanyak 117 orang ini akan dipilih
secara acak melalui undian
Dari hasil penelitan ditemukan bahwa Komitmen Guru berkontribusi
11,2% terhadap Kinerja guru. Hal ini dapat dipahami telah teruji pada taraf
kepercayaan 99%, Kepemimpinan Kepala Sekolah berkontribusi 5,7% terhadap
Kinerja guru. Hal ini dapat dipahami telah teruji secara empiris pada taraf
kepercayaan 99% dan Komitmen Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah secara
bersama-sama berkontribusi 14,8% terhadap Kinerja guru”. Hal ini dapar
dipahami hipotesis ini juga telah teruji secara empiris pada taraf kepercayaan
99%.
Kepada guru untuk dapat meningkatkan kinerja dalam
melaksanakan tugas, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.
Kemudian kepada pihak terkait seperti pengelola pendidikan agar
meningkatkan sarana prasarana dalam bidang pendidikan sehingga

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2025 03:32
Last Modified: 17 Apr 2025 03:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5935

Actions (login required)

View Item
View Item