Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick disertai Tugas Rumah terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester 1 SMPN 1 Pancung Soal Tahun Pelajaran 2011/2012

Rosda, Rika Purnala (2012) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick disertai Tugas Rumah terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester 1 SMPN 1 Pancung Soal Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIKA PURNALA ROSDA_86199_2012.pdf] Text
B1_3_RIKA PURNALA ROSDA_86199_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran biologi di sekolah umumnya masih bersifat Teacher Center atau berpusat pada guru dan metode yang digunakan dalam belajar kurang memotivasi siswa. Salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar adalah dengan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick disertai tugas rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick disertai tugas rumah terhadap hasil belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester I SMPN 1 Pancung Soal Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII semester 1 SMP Negeri 1 Pancung Soal yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian terdistribusi normal dan homogen sehingga untuk menentukan kelas sampel digunakan teknik Random Sampling dan di dapatkan Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 40 buah soal. Teknik analisis data yang di gunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Dari penelitian diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen (74,16) lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol (66,08). Berdasarkan hasil analisis hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung yaitu 4,06. Bila dibandingkan dengan t tabel yaitu 1,67, maka t hitung > t tabel . Dengan demikian, hipotesis kerja yang dikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick disertai tugas rumah berpengaruh positif pada taraf signifikansi 0,05 terhadap hasil belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pancung Soal Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biologi, Talking Stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 17 Apr 2025 03:53
Last Modified: 17 Apr 2025 03:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5917

Actions (login required)

View Item
View Item