Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simdig Kelas X Kuliner di SMK Negeri 9 Padang

Nofela, Lesis (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simdig Kelas X Kuliner di SMK Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_LESIS_NOFELA_15004026_5103_2019.pdf] Text
B1_3_LESIS_NOFELA_15004026_5103_2019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada mata pelajaran Simulasi Digital (Simdig) kelas X Kuliner di SMK Negeri 9 Padang yaitu guru hanya menerapkan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung melibatkan banyak komunikasi satu arah sehingga siswa cenderung pasif dan kurang mandiri terhadap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Edmodo terhadap Hasil Beajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simdig Kelas X Kuliner SMK Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Kuliner SMK Negeri 9 Padang yang terdaftar pada Tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purpose Sampling, kelas XK1 menggunakan model Discovery Learning berbantuan Edmodo sebagai kelompok eksperimen dan kelas XK5 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan format checklist berbentuk lembar pengamatan penilaian unjuk kerja siswa. Data yang terkumpul diolah dengan (t-test) untuk menguji perbedaan, tetapi karena data tidak berdistribusi normal, maka untuk menguji perbedaan digunakan chi kuadrat. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Edmodo adalah 86,33 dan standar deviasi (SD) sebesar 7,49 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 78,24 dan standar deviasi (SD) sebesar 6,57. Berdasarkan perhitungan chi kuadrat diperoleh χ i 2 hitung 13,3 sedangkan χ 2 tabel pada taraf nyata α 0,05 adalah 5,991. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Edmodo berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simdig kelas X Kuliner SMK Negeri 9 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Edmodo, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZIAH FAUZIA
Date Deposited: 17 Apr 2025 02:58
Last Modified: 17 Apr 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5902

Actions (login required)

View Item
View Item