Efektifitas Kedia Power point untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Huruf Hijaiyah bagi Anak Tunarungu di SLB Wacana Asih Padang

Novari, Rafki (2017) Efektifitas Kedia Power point untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Huruf Hijaiyah bagi Anak Tunarungu di SLB Wacana Asih Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_RAFKI_NOVARI_1200309_516_2017.pdf] Text
B1_02_RAFKI_NOVARI_1200309_516_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada anak tunarungu berinisial X yang mengalami masalah dalam menguasai huruf hijaiyah, sedangkan memahami huruf hijaiyah sangat penting. Penelitian ini bertujuan
untuk membuktikan media power point dapat meningkatkan memahami huruf hijaiyah untuk anak tunarungu di kelas IX di SLB Wacana Asih Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A dengan teknik analisis visual grafik. Subjek
penelitian adalah anak tunarungu Pengukuran variabelnya menggunakan frekuensi. Penelitian dilaksanakan melalui kondisi baseline (A1) dilakukan enam kali pengamamatan, data stabil pada frekuensi memahami huruf hijaiyah yaitu 10,
pada kondisi intervensi (B) dilakukan delapan kali pengamatan menggunakan media power point memperoleh data stabil pada frekuensi 50, selanjutnya pada kondisi baseline (A2) dilakukan pengamatan selama empat kali pengamatan
memperoleh data stabil pada frekuensi 52.Hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dijelaskan bahwa sebelum
diberikan intervensi memahami huruf hijaiyah anak dapat dikatakan sangat rendah dalam memahami huruf hijaiyah, namun setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media power point memahami huruf hijaiyah anak meningkat, dan
ketika pada kondisi baseline (A2) sedikit agak meningkat dan keadaan stabil. Keaadaan estimasi kecenderungan arah , kecenderungan stabilitas, jejak data serta
perubahan level terjadi peningkatan (positif).Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya media power point dapat meningkatkan kemampuan
memahami huruf hijaiyah bagi anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Apr 2025 01:11
Last Modified: 17 Apr 2025 01:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5867

Actions (login required)

View Item
View Item