Putri, Mulyani Anggy (2012) Pengaruh Strategi Pembelajaran Menggunakan Flashcard dan Program Power Point terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Negeri 111 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MULYANI_ANGGY_PUTRI_59900_1992_2013.pdf [thumbnail of B1_1_MULYANI_ANGGY_PUTRI_59900_1992_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MULYANI_ANGGY_PUTRI_59900_1992_2013.pdf
Download (389kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya penguasaan kosakata siswa. Berdasarkan
observasi dan pengalaman pribadi peneliti sebagai guru bidang studi bahasa Inggris di sekolah
dasar, pembelajaran kosakata ini kurang mendapat perhatian guru sehingga hal inilah yang
membuat hasil belajar mereka terutama pada saat mengikuti ulangan akhir semester dan ulangan
kenaikan kelas masih rendah.
Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti telah mencoba menerapkan strategi
pembelajaran dengan menggunakan flashcard dan program power point serta meneliti apakah
terdapat perbedaan penguasaan kosakata siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran yang
menggunakan flashcard dengan penguasaan kosakata siswa yang diajar dengan strategi
pembelajaran yang menggunakan program power point. Disamping itu, juga dilihat pengaruh
motivasi terhadap penguasaan kosakata dan interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi
belajar terhadap penguasaan kosakata pada aspek kognitif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi
eksperimen dan desain faktorial 2X2. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 111 Pekanbaru pada
semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV
dengan jumlah 137 orang. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 30
orang yang dirandom dari kelas yang telah terpilih sebagai kelas eksperimen dan kontrol.
Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan tes objektif pilihan ganda.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara
penguasaan kosakata siswa yang diajar dengan flashcard dan yang menggunakan program power
point. Penguasaan kosakata siswa yang diajar dengan flashcard lebih baik daripada yang diajar
dengan menggunakan program power point. (2) Terdapat perbedaan penguasaan kosakata siswa
yang bermotivasi belajar tinggi dan yang bermotivasi belajar rendah. Penguasaan kosakata siswa
yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada yang memiliki motivasi belajar rendah.
(3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap penguasaan
kosakata siswa secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran dengan menggunakan flashcard efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan
kosakata siswa, baik siswa yang bermotivasi belajar tinggi maupun siswa yang bermotivasi belajar
rendah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 08:57 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5850 |