Desyandri, Desyandri (2011) Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Bernyanyi Siswa Kelas III SD YPKK UNP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DESYANDRI_91496_3569_2012.pdf [thumbnail of B1_1_DESYANDRI_91496_3569_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DESYANDRI_91496_3569_2012.pdf
Download (121kB)
Abstract
Bernyanyi merupakan bagian dari seni musik yang harus dikuasai oleh
siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil pengamatan, ditemukan bahwa guru
masih menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional, permasalahan ini
berdampak pada kemampuan bernyanyi siswa kelas III Sekolah Dasar YPKK
UNP yang rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan
pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kehidupan dan pengalaman siswa.
Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan
salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga dapat mengatasi kelemahan
kelemahan guru dalam mengajar.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan secara kolaboratif antara
peneliti dan guru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data
dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang terlibat langsung dalam
pembelajaran, sedangkan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai
instrumen kunci. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan
dan wawancara, sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan model
analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching
and Learning (CTL) yang digunakan guru dalam pembelajran dapat
meningkatkan proses dan hasi belajar bernyanyi siswa kelas III Sekolah Dasar
YPKK UNP. Peningkatan terlihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang
terdiri dari 3 tahap, yakni: (1) tahap kegiatan awal, (2) tahap kegiatan inti, dan (3)
tahap kegiatan akhir pembelajaran. Pada tahap hasil belajar, guru melaksanakan
penilaian proses dan penilaian hasil belajar. Peningkatan proses pembelajaran
dapat terlihat dari perolehan hasil belajar siklus I dengan skor 68,3 dan meningkat
pada siklus II dengan skor 79,3.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 08:20 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5841 |