Amalia, Devina (2023) Hubungan Psychological Well-being dan Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Resiliensi Siswa pada New Normal Pandemi Covid-19. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_Devina_Amalia_19151007_3754_2023.pdf [thumbnail of B1_1_Devina_Amalia_19151007_3754_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_Devina_Amalia_19151007_3754_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang ada pada dunia
pendidikan yang berubah dari luring menjadi daring sehingga terjadi perubahan
sosial. Siswa cenderung mengeluh dan kesulitan mengontrol emosi karna
mengalami kesulitan mengikuti pembelajaran, siswa beradaptasi berjuang untuk
hidup disiplin dan menjaga pola tidur kondisi itu menunjukan permasalahan yang
bersumber dari resiliensi. Psychological well-being dan dukungan sosial orangtua
merupakan faktor yang mempengaruhi resiliensi siswa pada new normal pandemi
covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan
psychological well-being dan dukungan sosial orangtua terhadap resiliensi siswa
pada new normal pandemi covid-19 dengan: (1) menganalisis gambaran
psychological well-being siswa, (2) menganalisis gambaran dukungan sosial
orangtua, (3) menganalisis resiliensi, (4) menganalisis seberapa besar hubungan
psychological well-being dan dukungan sosial orangtua terhadap resiliensi siswa
pada new normal pandemi covid-19
Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis deskriptif
korelasional. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X,XI dan XII di SMA
Pembanguan laboratorium UNP. Sampel penelitian berjumlah 248 orang.
Instrumen yang digunakan ialah daftar isian dengan skala model Likert. Data
dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, psychological well
being siswa berada pada kategori tinggi, (2) dukungan sosial orangtua pada
kategori tinggi, (3) resiliensi remaja dikategorikan tinggi, (4) terdapat hubungan
positif dan signifikan antara psychological well-being dengan resiliensi siswa, (5)
terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan
resiliensi, dan (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara psychological
well-being dan dukungan sosial orangtua dengan resiliensi siswa. Implikasi dalam
penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan dalam pelayanan
bimbingan dan konseling.
Kata Kunci: Psychological well-being, Dukungan Sosia
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:28 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5837 |