Efektivitas Layanan Informasi dengan Model Problem Based Learning untuk Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Prawingga, Devit (2019) Efektivitas Layanan Informasi dengan Model Problem Based Learning untuk Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DEVIT_PRAWINGGA_16151012_4769_2019.pdf] Text
B1_1_DEVIT_PRAWINGGA_16151012_4769_2019.pdf

Download (735kB)

Abstract

Stres merupakan ancaman yang dapat mengganggu mahasiswa dalam
menjalani perkuliahan. Kegiatan akademik menjadi penyebab utama mahasiswa
mengalami stres. Stres yang disebabkan oleh kegiatan akademik disebut stres
akademik. Salah satu layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan
untuk membantu menurunkan stres akademik adalah layanan informasi. Layanan
informasi diberikan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi dengan model problem
based learning untuk menurunkan stres akademik mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah
Quasi Experiment dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design.
Jumlah sampel yang digunakan 20 orang mahasiswa kelompok eksperimen dan 20
orang mahasiswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan skala
stres akademik yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas
instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan teknik uji Wilcoxon Signed
Ranks Test dan Kolmogorov Smirnov 2 Independent Sample dengan bantuan
SPSS.
Temuan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan
kondisi stres akademik mahasiswa kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan
setelah (posttest) mengikuti layanan informasi dengan model problem based
learning, (2) terdapat perbedaan kondisi stres akademik mahasiswa kelompok
kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan informasi
dengan metode ceramah, (3) terdapat perbedaan yang signifikan kondisi stres
akademik mahasiswa yang diberikan layanan informasi dengan model problem
based learning dengan mahasiswa yang diberikan layanan informasi dengan
metode ceramah. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa layanan
informasi dengan model problem based learning efektif untuk menurunkan stres
akademik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 16 Apr 2025 01:44
Last Modified: 16 Apr 2025 01:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5822

Actions (login required)

View Item
View Item