Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Budaya Organisasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang

Fatma, Maysara (2017) Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Budaya Organisasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Administrasi Pendidikan.

[thumbnail of B1_01_MAYSARA_FATMA_1300001_4631_2017.pdf] Text
B1_01_MAYSARA_FATMA_1300001_4631_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan penulis dan dilengkapi dengan informasi dari guru mengenai budaya organisasi di sekolah menengah kejuruan negeri kelompok bisnis manajemen se kota padang. Banyak faktor yang mempengaruhi budaya organisasi yang salah satunya adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai 1) budaya organisasi, 2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan 3) hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan budaya organisasi di SMK Negeri Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan budaya organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yaitu melihat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan budaya organisasi di SMK Negeri Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang yang berjumlah 157 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling dan diperoleh jumlah sampel 63 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model skala likert dengan lima pilihan jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan SPSS versi 16.0. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan 1) budaya organisasi berada pada interpretasi cukup baik yaitu 67,64%, 2) gaya kepemimpinan kepala sekolah berada pada interpretasi baik yaitu 81,83%, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel yaitu hitung 0,260 > tabel 0,244 dan nilai hitung = 2,11 > tabel= 2,000 pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:34
Last Modified: 03 Feb 2025 04:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item
View Item