Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas IX di SMPN 6 Payakumbuh

Aksara, Ricko (2013) Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas IX di SMPN 6 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RICKO_AKSARA_88377_1912_2013.pdf] Text
B1_3_RICKO_AKSARA_88377_1912_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dilihat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi Di SMPN 6 Kota Payakumbuh yang terdiri atas persiapan kegiatan awal pembelajara, kegiatan inti, kegiatan penutup.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi Di SMPN 6 Kota Payakumbuh dan masalah yang terdapat dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif yaitu mengungkapkan fenomena sebagaimana adanya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMPN 6 Kota Payakumbuh sebanyak 40 orang yang terdiri dari 4 kelas. Tekhnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah propotional stratified random sampling Teknik dan alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa persiapan pembelajaran sudah dilakukan oleh guru, kegiatan awal pembelajaran (mengaitkan materi, memberi acuan, dan memperhatikan kebersihan) yang dilakukan oleh guru umumnya sudah dilaksanakan dengan baik. Pada kegiatan inti yang meliputi berpedoman pada silabus, menyampaikan materi secara sistematis dan berurutan selalu dilakukan guru, metode mengajar yang digunakan oleh guru kurang bervariasi serta guru jarang menggunakan metode yang relevan seperti metode demonstrasi. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya papan tulis. Guru selalu berpedoman pada buku sumber yang ada, memberikan petunjuk kepada siswa, memberikan tugas sesuai materi, membimbing siswa dalam praktek di labor. Pada kegiatan penutup meliputi guru menyimpulkan materi, memberikan kesempatan bertanya, memberikan penilaian sudah dilakukan dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Informasi, Komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 15 Apr 2025 09:32
Last Modified: 15 Apr 2025 09:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5805

Actions (login required)

View Item
View Item