Rahayu, Putri (2018) Meningkatkan Kemampuan Memasang Jilbab Segiempat Melalui Teknik Modelling TheWay Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB Wacana Asih Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_PUTRI_RAHAYU_1300112_1712_2018.pdf [thumbnail of B1_02_PUTRI_RAHAYU_1300112_1712_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_PUTRI_RAHAYU_1300112_1712_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Wacana Asih Padang pada anak tunagrahita kelas X. Dari empat orang siswa mengalami masalah dalam memasang jilbab segiempat. Dari kemampuan awal yang dilakukan menunjukkan anak mempunyai motorik yang baik. Selama ini guru menggunakan media gambar dan anak sering belajar dengan guru yang mengalami hambatan pendengaran sehingga tiidak ada instruksinya.Dengan kemampuan siswa yang bervariasi mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam memasang jilbab segiempat. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memasang jilbab segiempat melalui teknik modelling the way pada anak tunagrahita ringan kelas X.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang
terdiri II siklus. Setiap siklus terdiri dari enam kali pertemuan tatap muka dan di setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Metode penelitian ini dilakukan dengan
berkolaborasi dengan guru kelas dimana peneliti sebagai pemberi tindakan sedangkan guru kelas sebagai pengamat. Siklus yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes.Berdasarkan tindakan yang diberikan tindakan dan hasil analisis data menunjukkan peningkatan kemampuan memasang jilbab segiempat secara
signifikan, hal ini dapat dilihat dari hasil praktek anak. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes kemampuan awal F memperoleh 53%, pada siklus I meningkat 90% dan siklus II meningkat menjadi 95%. Kemampuan awal V 53%,
pada siklus I meningkat 80% dan siklus II meningkat menjadi 95%. Kemampuan awal R 38%, pada siklus I meningkat 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 91%. Begitu juga dengan kemampuan awal O 46%, pada siklus I meningkat 80%
dan pada siklus II meningkat menjadi 91%.
Disarankan pada guru dan peneliti berikutnya agar menggunakan teknik modelling the way yang dapat meningkatkan kemampuan memasang jilbab segiempat bagi anak tunagrahita ringan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 09:31 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 09:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5787 |