Pengaruh Strategi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP N 6 Padang

Oktasari, Ria (2015) Pengaruh Strategi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP N 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIA_OKTASARI_1105408_4181_2015.pdf] Text
B1_3_RIA_OKTASARI_1105408_4181_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena yang ditemui dalam pembelajaran IPA di SMP N 6 Padang adalah kurang termotivasinya siswa dalam belajar, penggunaan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menerapkan berbagai model atau strategi pembelajaran. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan strategi Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VII SMP N 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment Research). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 6 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik porposive sampling. Data penelitian meliputi hasil belajar siswa pada aspek kognitif ( tes tertulis berbentuk soal objektif) yang dilakukan di akhir penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan (uji t). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data hasil belajar rata-rata kelas eksperimen adalah 80, 69; lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 71, 79. Karena hasil belajar kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen, dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t. Berdasarkan uji t, didapat t hitung = 2,42 dan t = 2,00. pada taraf signifikansi 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang siknifikan dari penerapan strategi Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N 6 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:59
Last Modified: 15 Apr 2025 07:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5776

Actions (login required)

View Item
View Item