Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar oleh Guru PPKn di SMP N 34 Kerinci

Aristin, Ria (2015) Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar oleh Guru PPKn di SMP N 34 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIA_ARISTIN_55295_105_2015.pdf] Text
B1_3_RIA_ARISTIN_55295_105_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru di sekolah kurang menerapkan keterampilan dasar mengajar, peneliti melihat di SMP 34 Kerinci pada saat pembelajaran PPKn berlangsung seperti pada awal pembelajaran guru langsung ke materi yang diajarkan, guru juga kurang memberikan kata-kata pujian atau penguatan kepada siswa, Maupun di akhir pembelajaran guru juga belum membuat kesimpulan di akhir pembelajaran, Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Penerapan Keterampilan Dasar tersebut pada Guru PPKn di SMP 34 Kerinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. informan dlm penelitian ini dengan purposive sampling yaitu Guru PPKn SMP 34 kerinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan di bantu dengan video mengajar guru PPKn dengan menggunakan alat pengumpul data berupa lembaran observasi. Hasil penelitian menunjukan guru belum menerapkan keterampilan dasar dalam pembelajaran secara optimal. Hal ini dapat di lihat. dari kelima keterampilan dasar yang paling sering keterampilan yang belum terlaksana yaitu keterampilan membuka pelajaran, keterampilan bertanya dan menutup pelajaran Padahal keterampilan membuka dan menutup sangat penting dalam pembelajaran yang mana dapat membangkitkan motivasi dan perhatian siswa, membuat siswa memahami batas tugas, membantu siswa memahami hubungan berbagai materi yang di sajikan, membantu siswa mengetahui tingkat keberhasilanya. dan keterampilan bertanya sangat perlu di kuasai guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan pertanyaan yang di ajukan guru akan menentukan kualitas jawaban peserta didik dan untuk itu disarankan Guru mata pelajaran PPKn di SMP dapat memanfaatkan pengetahuan tentang keterampilan dasar mengajar agar bisa di terapkan di sekolah pada saat Pembelajaran PPKn berlangsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Guru, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:58
Last Modified: 15 Apr 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5769

Actions (login required)

View Item
View Item