Hayati, Dewi (2015) Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Tema Peristiwa Kehidupan Dalam Pendidikan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 032 Tembilahan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DEWI_HAYATI_1209138_1739_2015.pdf [thumbnail of B1_1_DEWI_HAYATI_1209138_1739_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DEWI_HAYATI_1209138_1739_2015.pdf
Download (555kB)
Abstract
Proses pembelajaran tematik peserta didik kelas V SD Negeri 032
Tembilahan masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan analisis
terhadap hasil nilai ulangan tema 1 sub tema 1 dan sub tema 2 pada proses
pembelajaran tematik. Permasalahan tersebut diatasi dengan penerapan
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik dan komunikasi matematis
peserta didik dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta
didik kelas V dengan jumlah peserta didik 24 orang. Data penelitian diperoleh
melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan tes. Data yang terkumpul
dianalisis secara kualitatif.
Hasil analisis data pada siklus pertama dan kedua menunjukkan bahwa
proses pembelajaran tematik peserta didik meningkat. Pada proses pembelajaran
tematik, awalnya peserta didik belum dibiasakan untuk melakukan manipulasi
matematika dan menemukan sendiri pola atau sifat dari gejala matematis untuk
membuat generalisasi. Namun, pada siklus kedua peserta didik sudah mampu
untuk menemukan sendiri pola berdasarkan kegiatan manipulasi matematika. Pada
siklus pertama, indikator menemukan pola masih dalam kategori “Kurang”
dengan persentase ketuntasan sebesar 66,67% dan pada siklus kedua meningkat
menjadi kategori “Baik” dengan persentase 87,5%. Berdasarkan hasil ini
disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik
dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 032
Tembilahan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:43 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5752 |