Lenny, Fedro (2012) Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat PILPT Siswa Kelas X Teknik Listrik SMK Negeri 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FECKY_ARIANTO_FANGGIDAE_3701_2015.pdf [thumbnail of B1_03_FECKY_ARIANTO_FANGGIDAE_3701_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FECKY_ARIANTO_FANGGIDAE_3701_2015.pdf
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata diklat Perencanaan Instalasi Penerangan dan Tenaga ( PILPT ) teknik listrik di SMKN 1 Batipuh. pada tahun ajaran 2010 – 2011. Beberapa masalah yang diidentifikasi mempengaruhi hasil belajar diantaranya rendahnya disiplin belajar siswa dan rendanya motivasi belajar siswa terlihat dari hasil belajar PILPT beberapa tahun terakhir yang terdapat pada nilai akhir semester. Metode penelitian mengunakan diskriptif menggungkapkan status suatu gejala yang ada yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Populasi kelas yang berjumlah 29 siswa semuanya dijadikan sampel.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data disiplin motivasi belajar diambil melalui angket disiplin dan motivasi belajar. Hipotesis yang diajukan (1) Pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar.(2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (3) Pengaruh disiplin dan motivasi belajar secara bersa-sama. Data penelitian adalah data primer yang didapat dari penyebaran kepada siswa angket disiplin dan motivasi belajar data sekunder didapat dari nilai akhir semester mata diklat PILPT kelas X sebanyak 29 siswa Pengolahan data penelitian mengukan uji normalitas, uji linnearitas ,uji korelasi sedehana,uji korelasi ganda dan uji hipotesis Hasil analisa data (1) 9,00 % pengaruh disiplin terhadap hasil belajar (2) 16.00% pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar (3) 72,00 % Pengaruh disiplin dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar .Hasil temuan bahwa disiplin dan motivasi belajar ikut mempengaruhi hasil belajar siswa. Namun demikian tentu masih ada faktor-faktor lain yang juga berpengaru hasil belajar siswa .Akhirnya peneliti menyarankan bahwa harus ada usaha-usaha dari pihak orang tua,guru, maupun kepala sekolah untuk turut mendisiplinkan siswa dan memotivasi untuk dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:16 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5731 |