Muhammadi, Muhammadi (2015) Penggunaan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Senam Guling Depan Penjasorkes Siswa Kelas I SD Citra Al Madina Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MUHAMMADI_19798_2335_2015.pdf [thumbnail of B1_1_MUHAMMADI_19798_2335_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MUHAMMADI_19798_2335_2015.pdf
Download (131kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian
tindakan dimulai dari studi awal, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas I SD Citra Almadina Padang
yang berjumlah sebanyak 12 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
model analisis data kualitatif, melalui tahapan menelaah data, reduksi data,
menyajikan data, menyimpulkan hasil penelitian triangulasi, dan analisis data.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini
berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil
catatan lapangan, observasi, perekaman, wawancara dan tes. Sumber data adalah
proses pelaksanaan pembelajaran penjasorkes melalui Penggunaan Pendekatan
Bermain Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Senam
Guling Depan Penjasorkes Siswa Kelas I SD Citra Al Madina Padang.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penggunaan Pendekatan Bermain
masalah dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran guling depan .
Berdasarkan hasil penelitian, ketika observasi awal perolehan skor rata-rata
kelas yaitu 73,04 dan persentase ketuntasan klasikal 41,66%, hasil tersebut belum
mencapai tingkat KKM di SD Citra Al Madina, yaitu (75) dan ketuntasan klasikal
sebesar (75%) dari total siswa dalam kelas. Pada penilaian hasil belajar
keterampilan guling depan siklus satu mengalami peningkatan skor rata-rata kelas
secara signifikan yaitu 95,80 dan persentase ketuntasan klasikal 83,33%, hasil
tersebut telah mencapai tingkat KKM SD Citra Al Madina, yaitu (75) dan
ketuntasan klasikal sebesar (75%) dari total siswa dalam kelas. Dengan demikian
tindakan pembelajaran keterampilan guling depan melalui permainan yang
diberikan pada siswa kelas I SD Citra Al Madina, dapat dikatakan berhasil
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:16 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5728 |