Safira, Dia (2020) Desain Perangkat Pembelajaran Pendidikan Karakter dengan Menggunakan Pendekatan Holistik di Taman Kanak-kanak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DIA_SAFIRA_17330012_4068_2020.pdf [thumbnail of B1_1_DIA_SAFIRA_17330012_4068_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DIA_SAFIRA_17330012_4068_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan awal dalam membentukan
karakter anak. Pendidikan karakter menggunakan pendekatan holistik dapat
dilakukan dengan merancang desain perangkat pembelajaran seperti Prosem,
RPPM dan RPPH. Minimnya karakter pada anak seperti anak kurang tanggung
jawab, disiplin,jujur, hormat dan santun pada orang yang lebih dewasa ini
membuat pendidikan karakter menjadi semakin penting untuk diterapkan. Model
pengembangan penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan.
Pengembangan produk dapat berupa peningkatan atau perancangan produk yang
sudah ada sehingga mereka dapat membuat produk yang praktis, efektif dan
efisien yang sesuai dengan tema dan sub-sub tema pembelajaran anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan model desain instruksional ADDIE. Desain
pembelajaran pendidikan karakter dengan pendekatan holistik di Taman kanak
kanak dengan persentase 87% dikategorikan sangat valid hal ini bisa dilihat dari
lembar validator ahli. Kepraktisan desain pembelajaran pendidikan karakter dapat
dilihat dari penilian guru dengan kategori sangat praktis dengan persentase 90%.
Efektif dilihat dari hasil kuesioner aspek perkembangan anak dengan kategori
persentase 89% dikategorikan sangat efektif. Dari penilaian tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan ini pendidikan karakter pada anak usia dini sangat
valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:01 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5688 |