Putra, Eko Yuniza (2015) Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Patamuan Kabupaten Padang Pariaman : Studi Komparasi Antara Hasil Ujian Materi Sejarah ,Ekonomi,dan Geografi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_EKO_YUNIZA_PUTRA_89199_3076_2015.pdf [thumbnail of B1_2_EKO_YUNIZA_PUTRA_89199_3076_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_EKO_YUNIZA_PUTRA_89199_3076_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini masih rendahnya hasil belajar IPS disebabkan oleh masih dominannya skill menghafal daripada skill memproses sendiri pemahaman suatu materi. Selama ini, minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) masih tergolong sangat rendah. Hal ini dapat dilihat pada sikap siswa selama mengikuti proses pembelajaran tidak fokus. Bahkan ada sebagian siswa yang menganggap mata pelajaran IPS tidak begitu penting dikarenakan tidak masuk pada mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional (UN). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expo facto bidang komparasi. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patamuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 yang berjumlah 24 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis annova tunggal. Hasil analisis data didapatkan bahwa Hasil ujian materi sejarah memperoleh nilai siswa tertinggi 85 dan nilai terendah 62. Hasil ujian materi ekonomi memperoleh nilai siswa tertinggi 95 dan nilai terendah 81. Hasil ujian materi geografi memperoleh nilai siswa tertinggi 93 dan nilai terendah 78. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru SMP Negeri 1 Patamuan Kabupaten Padang Pariaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang tepat, seperti model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berperan aktif sejak awal perencanaan pembelajaran atau model pembelajaran lain yang memungkinkan. Serta sebaiknya guru dalam menerapkan model pembelajaran perlu memerhatikan sifat dari materi yang akan dibelajarkan, tujuan (kompetensi) yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut, serta tingkat kemampuan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STUDI KOMPARASI, HASIL BELAJAR IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:01 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5687 |