Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Metode VAKT bagi Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas IV di SDN 19 Kapalo Koto, Limau Manis, Padang

Anandani, Puti Indah (2020) Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Metode VAKT bagi Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas IV di SDN 19 Kapalo Koto, Limau Manis, Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_PUTI_INDAN_ANANDANI_15003174_1119_2020.pdf] Text
B1_02_PUTI_INDAN_ANANDANI_15003174_1119_2020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas IV SDN 19 Kapalo Koto, Limau Manis, Padang. Terdapat tujuh orang siswa pada satu kelas. Setelah dilakukan identifikasi, terdapat dua orang siswa yang
mengalami kesulitan belajar menulis, kedua anak tersebut memiliki jenis kelamin perempuan. Setelah dilakukan asesmen, permasalahan mendasar yang dialami kedua anak tersebut adalah menulis di kertas bergaris. Dalam mengatasi kesulitan
belajar tersebut, salah satu metode pembelajarannya adalah dengan menggunakan metode visual, audiotori, kinestetik, dan taktil (metode VAKT). Metode VAKT adalah metode yang memanfaatkan seluruh rangsangan indera anak dalam pembelajaran. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka
penulis tertarik untuk mengangkat sebuah penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Metode VAKT bagi Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas IV di SDN 19 Kapalo Koto, Limau Manis,Padang”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
Single Subject Research dengan desain Multiple Baseline Cross Subject. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode VAKT mampu meningatkan kemampuan menulis bagi anak berkesulitan belajar menulis di kelas IV SDN 19
Kapalo Koto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Apr 2025 01:34
Last Modified: 15 Apr 2025 01:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5661

Actions (login required)

View Item
View Item