Harlianda, Diantifani (2020) Efektivitas Pendidikan Karakter-Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) untuk MencegahPerilaku Perundungan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DIAN_TIFANI_HARLIANDA_17151016_4180_2020.pdf [thumbnail of B1_1_DIAN_TIFANI_HARLIANDA_17151016_4180_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DIAN_TIFANI_HARLIANDA_17151016_4180_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Fenomena perundungan di Indonesia sangat mengkhawatirkan bagi
perkembangan kehidupan remaja.Remaja rentan untuk melakukan perbuatan
perundungan dikarenakan memiliki pengendalian diri yang lemah dan mudah terbawa
emosi.
Penelitian
ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen.Desain yang digunakan adalah pre-eksperiment one group pretest
posttest design. Data yang dikumpulkan dari sampel 33 siswa, dengan menggunakan
teknik purposive sampling.Kelompok eksperimen dibagi menjadi 3 kelompok yaitu
kelompok A, kelompok B dan kelompok C. Setiap kelompok terdiri dari 11 anggota.
Data dikumpulkan menggunakan skala kondisi tentang berpikir, merasa, bersikap,
bertindak, bertanggungjawab siswa terhadap perundungan (55 item yang valid =
0,889). Data dianalisis menggunakan wilcoxon signed rank test dengan bantuan SPSS
versi 20,00.
Temuan penelitian menunjukkan secara umum pendidikan karakter-cerdas
format kelompok efektif untuk meningkatkan kondisi tentang berpikir, merasa,
bersikap, bertindak, bertanggungjawab siswa terhadap perundungan sehingga dapat
mencegah perilaku perundungan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 09:18 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 09:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5625 |