Pengaruh Penerapan Guided Teaching Disertai Speed Test Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.

Afriani, Leli (2013) Pengaruh Penerapan Guided Teaching Disertai Speed Test Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_LELI_AFRIANI_01855_1853_2013.pdf] Text
B1_3_LELI_AFRIANI_01855_1853_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kurang terlibatnya siswa selama proses belajar berlangsung, guru jarang menggunakan strategi pembelajaran yang menarik perhatian dan mengaktifkan siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan Guided Teaching disertai Speed Test. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Guided Teaching disertai Speed Test terhadap hasil belajar biologi siswa SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang yang terdaftar pada Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 5 kelas, sedangkan sampel adalah kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 30 buah yang telah diujicobakan. Teknik analisis data yang dipakai adalah uji t. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata siswa 76,1 sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol 65,8. Berdasarkan uji hipotesis yang digunakan pada taraf nyata (α) = 0,05, peluang 0,95 dan derajat kebebasan 61 didapat t tabel = 1,67 sedangkan t hitung = 5,54. Hal ini berarti t hitung > t dimana 5,54 > 1,67 yang berarti hipotesis diterima. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dari penerapan Guided Teaching disertai Speed Test terhadap hasil belajar biologi siswa SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. tabel.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guided Teaching, Speed Test, Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZIAH FAUZIA
Date Deposited: 14 Apr 2025 08:23
Last Modified: 14 Apr 2025 08:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item
View Item