Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide Melalui LKS di kelas X SMA Negeri 1 Painan

Puspita, Yesi (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide Melalui LKS di kelas X SMA Negeri 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YENI_PUSPITA_86278_3345_2013 .pdf] Text
B1_3_YENI_PUSPITA_86278_3345_2013 .pdf

Download (3MB)
[thumbnail of B1_3_YENI_PUSPITA_86278_3345_2013 .pdf] Text
B1_3_YENI_PUSPITA_86278_3345_2013 .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan rendahnya hasil pembelajaran fisika siswa. Rendahnya hasil pembelajaran diantaranya disebabkan oleh banyaknya siswa yang kurang aktif dan tidak serius selama pembelajaran berlangsung. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide melalui LKS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide melalui LKS oleh siswa terhadap hasil belajar fisika di kelas X SMA N 1 Painan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Painan yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif dan ranah psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ketiga ranah. 5 Hasil penelitian yang diperoleh pada ranah kognitif adalah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Pada ranah psikomotor juga diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide melalui LKS oleh siswa terhadap hasil belajar fisika di kelas X SMA N 1 Painan pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif,Panduan Prediksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 14 Apr 2025 08:21
Last Modified: 14 Apr 2025 08:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5597

Actions (login required)

View Item
View Item