Movitaria, Mega Adyna (2017) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Brain Based Learning Approach dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus IV Kecamatan Padang Utara. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MEGA_ADYNA_MOVITARIA_15170018_5253_2017.pdf [thumbnail of B1_01_MEGA_ADYNA_MOVITARIA_15170018_5253_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MEGA_ADYNA_MOVITARIA_15170018_5253_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari Pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya mendapat informasi dari guru, dan kurangnya kemampuan guru untuk memadukan pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan melihat (1) Terdapat perbedaan Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Brain Based Learning Approach dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional pada pemebelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diajar menggunakan Brain Based Learning Approach dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi menggunakan model konvensional pada siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Padang Utara, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA
siswa yang memiliki motivasi rendah diajar menggunakan Brain Based Learning Approach dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Padang Utara, (4) Terdapat interaksi antara Brain Based Learning Approach dengan motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus IV Sekolah Dasar Kecamatan Padang Utara. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksprimental Design dengan rancangan factorial 2x2. Pada kelas eksperimen diterapkan Brain Based Learning Approach, di kelas kontrol diterapkan pendekatan konvensional. Dengan populasi seluruh siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Padang Utara dan sampel Sekolah Dasar 16 Air Tawar Timur sebagai kelas eksperimen dan Sekolah Dasar 26 Air Tawar Timur sebagai kelas kontrol. Hipotesis ini diuji dengan menggunakan anava dua arah. Hasil penelitian disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan Brain Based Learning Approach dengan menggunakan Pendekatan Konvensional pada pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar 16 Air Tawar Timur Padang dengan sign 0,148 > 0,005 dan terdapat interaksi antara
Brain Based Learning Approach dengan motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus IV Sekolah Dasar Negeri 16 Air Tawar Timur Padang dengan sign 0,725 > 0,005.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brain Based Learning Approach |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:57 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5574 |