Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII di SMP Negeri 7 Padang

Saputri, Resti (2014) Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII di SMP Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RESTI_SAPUTRI_15600_4382_2014.pdf] Text
B1_3_RESTI_SAPUTRI_15600_4382_2014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang mengalami kesulitan dalam memahami materi – materi Geografi yang banyak membahas tentang hal – hal abstrak yang seharusnya menuntut dihadirkan visualisasi dari materi yang sedang dipelajari. Dalam pembelajaran Gografi ada banyak media yang dapat digunakan. Akan tetapi karena keterbatasan yang dimiliki guru sehingga pembelajaran hanya menggunakan media konvensional. Kendala seperti ini mendorong penulis untuk menemukan media yang tepat untuk digunakan. Berdasarkan kebutuhan tersebut penulis merekomendasikan penggunaan multimedia. Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, dan animasi secara terintegrasi.Dengan menggunakan multimedia akanmengkonkritkan materi Geografi tersebut sehingga siswa dapat lebih memahami materi dan hasil belajarpun meningkat. Berdasarkan itu, dilakukan penelitian ini dengan tujuan dapat mengetahui pengaruh penggunaan multimedia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas VII di SMP Negeri 7 Padang. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk quasi eksperimen dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Padang dengan jumlah 256 siswa yang terbagi pada 8 kelas. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII.5 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen menggunakan multimedia. Data hasil belajar diperoleh melalui tes sebanyak 40 butir soal objektif dengan empat pilihan jawaban. Kemudian data dianalisis dengan uji–t yang sebelumnya diuji normalitas sampel menggunakan uji Liliefors dan uji homonitas menggunakan uji Barlett. Rata – rata hasil belajar yang diperoleh siswa dalam penelitian ini untuk kelas eksperimen adalah 79,8 dan kelas kelas kontrol 73,5. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional di kelas kontrol. Dengan kata lain, penggunaan multimedia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMP Negeri 7 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Geografi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:56
Last Modified: 14 Apr 2025 07:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5566

Actions (login required)

View Item
View Item