Pengaruh Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning (CTL) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Gugus II Padang Utara Kota Padang

Ali, Muhammad (2013) Pengaruh Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning (CTL) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Gugus II Padang Utara Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MUHAMMAD_ALI_70346_6711_2013.pdf] Text
B1_1_MUHAMMAD_ALI_70346_6711_2013.pdf

Download (338kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan
CTL terhadap pembelajaran IPS SD Kelas 5 gugus II Kec. Padang Utara Kota
Padang dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS pada siswa yang
mempunyai motivasi tinggi dan rendah yang diajar dengan pendekatan CTL dan
konvensional.
Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan dilaksanakan pada
semester I kelas V SD Negeri 13 Lolong Padang tahun pelajaran 2008/2009.
Pengukuran skor motivasi belajar sebagai kovariabel dilakukan dengan
menggunakan angket dengan skala Likert, sedangkan skor hasil belajar diperoleh
dengan memberikan tes. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan uji t dan
Anava.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. Hasil belajar siswa yang diajar
dengan pendekatan CTL lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar
dengan pendekatan konvensional, 2. Hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi
yang diajar dengan pendekatan CTL lebih tinggi dari siswa dengan motivasi tinggi
yang diajar dengan pendekatan konvensional, 3. Hasil belajar siswa dengan
motivasi rendah yang diajar dengan pendekatan CTL lebih tinggi dari siswa dengan
motivasi rendah yang diajar dengan pendekatan konvensional, 4. Tidak terdapat
interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL lebih efektif
daripada pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:55
Last Modified: 14 Apr 2025 07:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5562

Actions (login required)

View Item
View Item