Helviani, Ressy (2016) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Modified Free Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Biologi di SMPN 2 Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RESSY_HELVIANI_1100411_435_2016.pdf [thumbnail of B1_3_RESSY_HELVIANI_1100411_435_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RESSY_HELVIANI_1100411_435_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, penulis menemukan bahwa pembelajaran Biologi belum berjalan optimal, proses pembelajaran masih terjadi satu arah, guru kurang memberi variasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan monoton. Siswa kurang termotivasi, dan tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Siswa hanya menerima stimulus dan memberikan sedikit responsehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengunaan strategi pembelajaran Modified Free Inquiryterhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran Biologi di SMP N 2 Kecamatan Payakumbuh. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan populasi siswa kelas VII dengan jumlah 83 orang.Untuk sampel adalah kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling.Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar.Teknik analisis data uji t dengan kriteria t hitung > t tabel, maka hipotesis diterima dan sebaliknya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pada kelas VII 2 memperoleh nilai rata- rata 79,65 sedangkan untuk kelas VII 3 memperoleh nilai rata-rata 72,35. Dari analisis data, didapatkan t hitung adalah 2,04 dan t tabel adalah 2,02. Ini berarti hipotesis diterima karena t hitung lebih besar dari t tabel . Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhpengunaan strategi pembelajaran Modified Free Inquiryterhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran Biologi di SMP N 2 Kecamatan Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biologi,Strategi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5534 |