Peningkatan Percaya Diri dan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Menggnakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di kelas III SD Islam AL Azhar 32 Padang

Marlina, Marlina (2017) Peningkatan Percaya Diri dan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Menggnakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di kelas III SD Islam AL Azhar 32 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MARLINA_1204009_2726_2017.pdf] Text
B1_01_MARLINA_1204009_2726_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan poeneliti di kelas III SD Islam Al Azhar 32 Padang, diketahui bahwa pada pembelajaran operasi hitung campuran siswa tidak memahami aturan yang berlaku dalam penyelesaian masalah terkait operasi hitung campuran, serta kurangnya penguasaan konsep siswa terhadap materi yang harus di kuasai sebelumnya yaitu operasi hitung bilangan perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan. (KABATAKU) selain itu kurangnya rasa percaya diri dalam belajar matematika juga mempengaruhi hasil belajar operasi hitung campuran. Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar operasi hitung campuran siswa kelas III SD Islam Al Azhar 32 Padang tahun ajaran 2016/2017 dan meningkatkan percaya diri siswa melalui model pembelajaran pendidikan
matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDIslam Al Azhar 32 Padang dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus, data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktifitas guru dan siswa, serta tes akhir pembelajaran.
Hasil penelitian siklus I perencanaan pembelajaran 64 kualifikasi cukup dan siklus II meningkat menjadi 86 kualifikasi sangat baik. Aktifitas guru pada siklus I 75 kualifikasi baik,sedangkan siklus II meningkat menjadi 89 kualifikasi sangat baik. Aktifitas siswa pada siklus I
77 siklus II meningkat 89, percaya diri siswa pada siklus I 57 kualifikasi kurang pada siklus II meningkat 94 kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 63 kualifikasi cukup, peningkatan pada siklus
I dengan rata-rata 84 baik.maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar operasi hitung campuran siswa di SD Islam Al Azhar 32 Padang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:24
Last Modified: 14 Apr 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5533

Actions (login required)

View Item
View Item