Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Nyaring Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Model VAK di Kelas 1 Sekolah Dasar

Daimis, Mudariswati (2019) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Nyaring Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Model VAK di Kelas 1 Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MUDARISWATI_DAIMIS_16124051_1140_2019.pdf] Text
B1_1_MUDARISWATI_DAIMIS_16124051_1140_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran membaca nyaring kurang
mencapai hasil yang maksimal baik dari segi minat maupun dari segi hasil proses
pembelajaran yang diterapkan. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya
pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar tematik yang valid,
praktis, dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research
and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE
yang terdiri dari lima tahap yaitu: tahap analisis analyz, design, developmetn,
implementatoni,evaluation.Data penelitian diperoleh dari uji validitas,
praktikalitas, efektifitas.
Data uji validitas diperoleh melalui lembar validitas bahan ajar.Data
kepraktisan diperoleh melalui dari analisis observasi pelaksanaan pembelajaran,
angket respon guru. Keefektifan dilihat dari aktivitas siswa, penilaian proses dan
penilaian hasil.
Berdasarkan uji validitas diperoleh data bahwa persentase rata-rata bahan
ajar dari validator adalah 79 % dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas dari
terlaksananya RPP diperoleh 81 % dengan kategori sangat valid. Penilaian respon
guru diperoleh 82 %. Efektivitas bahan ajar dilihat dari aktivitas siswa, diperoleh
rata-rata persentase 83 % dengan kategori sangat aktif. Dari penilaian harian yang
dilakukan terlihat hasil belajar siswa cendrung meningkat. Berdasarkan hasil
tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar keterampilan membaca nyaring dalam
Pembelajaran Tematik dengan menggunakan model VAK di kelas 1 Sekolah
Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Tematik, Pembelajaran Model VAK, model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:10
Last Modified: 14 Apr 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5525

Actions (login required)

View Item
View Item