Asril, K (2013) Kontribusi Motivasi Kerja dan Iklim Sekolah Terhadap Kreativitas Guru SD Negeri Gugus I Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Univeritas Negeri Padang.
B1_01_ ASRIL_ K _59914_4059_2013.pdf
Download (709kB)
Abstract
Kreativitas guru dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Dari hasil studi pendahuluan ditemukan bahwa kreativitas guru sekolah dasar di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan tidak sebagaimana mestinya. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor, tapi yang dianggap lebih dominan yaitu, motivasi kerja dan iklim sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang untuk menyelidiki kontribusi motivasi kerja dan iklim sekolah terhadap kreativitas guru. Tujuan penelitian ini adalah 1) kontribusi motivasi kerja terhadap kreativitas guru SD di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, 2) kontribusi iklim sekolah terhadap kreativitas guru SD di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, 3) kontribusi motivasi kerja dan iklim sekolah terhadap kreativitas guru SD di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metoda kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah 107 orang guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel 64 orang guru yang terpilih melalui teknik stratified proportional random sampling. Penelitian analisis model skala Likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Data ini dianalisis secara statistik menggunakan teknik korelasi dan regresi menggunakan program SPSS Versi 17. Hasil analisis data menunjukan bahwa Motivasi kerja berkontribusi terhadap kreativitas guru SD Negeri Gugus 1 Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran kontribusi sebesar 17,7%. Iklim sekolah berkotribusi terhadap kreativitas guru SD Negeri Gugus 1 Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran sebesar 12,6%. Motivasi kerja dan Iklim sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap kreativitas guru sebesar 23,1%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kreativitas guru
yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui peningkatan motivasi kerja dan iklim sekolah dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif disekolah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Kerja; Iklim Sekolah; Kreativitas Guru |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 01:02 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 01:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/55 |