Khairil, Khairil (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Listening Team Pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika Di Kelas X TITL SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_KHAIRIL_2299_2015.pdf [thumbnail of B1_3_KHAIRIL_2299_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_KHAIRIL_2299_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika menggunakan Metode kooperatif tipe listening team di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Beberapa masalah yang diidentifikasi mempengaruhi hasil belajar diantaranya proses pembelajaran yang berpusat pada guru. Guru menyampaikan semua materi yang ada pada buku dengan tujuan agar semua materi pelajarannya terselesaikan dalam jangka waktu tertentu tanpa memikirkan penguasaan dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, akibatnya siswa tidak termotivasi untuk belajar. Materi yang disampaikan guru kurang dikaitkan dengan kehidupan seharihari. Guru hanya menyampaikan apa yang tertulis dalam buku dan tidak mengaitkan dengan kenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran MDDE banyak yang di bawah KKM. Metode penelitian ini merupakan penelitian pre-eksprimental dengan desain pretest-postest one group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 SMK Muhammadiyah 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pretest dan posttest berupa soal objektif sebanyak 33 item untuk pretest dan 30 item untuk posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata skor pretest sebelum menggunakan Metode kooperatif tipe listening team sebesar 73,5 dan rata-rata skor post-test setelah menggunakan Metode kooperatif tipe listening team adalah 81,5. Dari perhitungan rata-rata Gain Score (0,417) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) siswa kelas X TITL SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan pembelajaran Metode kooperatif tipe listening team.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode kooperatif tipe listening team, Hasil Belajar Memahami Dasar-Dasar Elektronika |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | FAUZIAH FAUZIA |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 05:41 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 05:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5477 |