Sahputra, Dika (2016) Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DIKA_SAHPUTRA_1303717_4486_2016.pdf [thumbnail of B1_1_DIKA_SAHPUTRA_1303717_4486_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DIKA_SAHPUTRA_1303717_4486_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya komunikasi
interpersonal siswa. Kepercayaan diri dan kecerdasan emosi merupakan faktor
yang diduga mempengaruhi komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kepercayaan diri, (2) mendeskripsikan
kecerdasan emosi, (3) mendeskripsikan komunikasi interpersonal siswa, (4)
menguji kontribusi kepercayaan diri terhadap komunikasi interpersonal siswa, (5)
menguji kontribusi kecerdasan emosi terhadap komunikasi interpersonal siswa,
dan (6) menguji kontribusi kepercayaan diri dan kecerdasan emosi secara
bersama-sama terhadap komunikasi interpersonal siswa.
Penelitian
ini
menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif
korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 8
Padang yang berjumlah 764 siswa, sampel berjumlah 263 siswa, yang dipilih
dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang
digunakan adalah skala model Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen
kepercayaan diri, kecerdasan emosi, dan komunikasi interpersonal siswa,
menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Data dianalisis dengan
statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) secara umum gambaran
kepercayaan diri berada pada kategori tinggi, (2) secara umum gambaran
kecerdasan emosi berada pada kategori tinggi, (3) secara umum gambaran
komunikasi interpersonal berada pada kategori tinggi, (4) terdapat kontribusi
kepercayan diri yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal siswa, (5)
terdapat kontribusi kecerdasan emosi yang signifikan terhadap komunikasi
interpersonal siswa, dan (6) terdapat kontribusi kepercayaan diri dan kecerdasan
emosi secara bersama-sama yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal.
Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan dalam
pembuatan program pelayanan BK yang berkenaan dengan kepercayaan diri,
kecerdasan emosi, dan komunikasi interpersonal melalui berbagai jenis layanan
bimbingan konseling.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 04:34 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 04:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5466 |