Panduan Layanan Informasi tentang Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Aceh Asli (Ureung Aceh) untuk Siswa SMA

Fadilla, Dina Rizki (2020) Panduan Layanan Informasi tentang Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Aceh Asli (Ureung Aceh) untuk Siswa SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DINA_RIZKI_FADILLA_18151058_3685_2020.pdf] Text
B1_1_DINA_RIZKI_FADILLA_18151058_3685_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Layanan informasi di SMA juga tidak berjalan dengan semestinya, tidak
ada jam khusus untuk pelayanan BK. Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan
panduan pendidikan karakter berbasis budaya Aceh asli (ureung Aceh) Asli
(ureung Aceh) untuk siswa SMA yang valid, (2) memaparkan layanan informasi
yang diberikan oleh Guru BK/Konselor mengenaipendidikan karakter berbasis
budaya Aceh asli (ureung Aceh) Asli untuk siswa SMA, (3) menghasilkan
panduan layanan informasi tentang pendidikan karakter berbasis budaya Aceh asli
(ureung Aceh) Asli (ureung Aceh) yang efektif kepada siswa SMA.
Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan dengan
model ADDIE (analyze, design, development, implementation and
evaluation).Subyek penelitian siswa SMA dan Guru BK/Konselor di Sekolah.
Validasi panduan dilakukan oleh enam ahli yang terkait dengan materi dan
tampilan panduan layanan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru
BK. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument
pendidikan karakter budaya Aceh Asli (ureung Aceh), daftar wawancara, dan
instrument uji kelayakan materi panduan, instrument uji kelayakan tampilan
panduan dan instrument uji keterpakaian panduan. Data hasil penelitian
dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kualitatif dan analisis non parametrik
dengan uji statistik Koefisien Kendall’s (W) dan uji Wilcoxon Rank Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) tingkat pendidikan karakter
berbasis budaya Aceh asli (ureung Aceh) cenderung masih rendah dengan
persentase (47,5%), (2) layanan informasi untuk meningkatkan pendidikan
karakter berbasis budaya Aceh asli (ureung Aceh) masih memiliki hambatan,
yaitu tidak adanya jam khusus bagi BK untuk memberikan layanan informasi
kepada siswa SMA, (3)panduan layanan informasi tentang pendidikan karakter
berbasis budaya Aceh asli (ureung Aceh) valid dalam hal materi dengan
persentase (87,4%), dan dalam hal tampilan dengan persentase (95%), praktis
dengan persentase (88%) layak untuk digunakan oleh Guru BK, serta efektif
untuk SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Aceh Tamiang dengan persentase (65%)
untuk sangat tinggi dan (35%) untuk kategori tinggi serta efektif untuk SMA
Negeri Unggul Cut Nyak Dhien Langsa dengan persentase (60%) untuk kategori
sangat tinggi dan (40%) untuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:34
Last Modified: 14 Apr 2025 04:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5465

Actions (login required)

View Item
View Item