Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas III SD N 46 Koto Panjang Kec. Koto Tangah Padang

Susanti, Dini (2013) Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas III SD N 46 Koto Panjang Kec. Koto Tangah Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DINI_SUSANTI_1104333_5551_2013.pdf] Text
B1_1_DINI_SUSANTI_1104333_5551_2013.pdf

Download (394kB)

Abstract

Pendekatan keterampilan proses dapat diartikan sebagai wawasan atau anutan
pengembangan keterampilan-keterampilan intelektual, sosial dan fisik yang
bersumber dari kemampuan-kemampuan mendasar yang ada pada prinsipnya telah
ada dalam siswa yang dapat digunakan pada pembelajaran tematik. Berdasarkan dari
kenyataan di lapangan, pembelajaran tematik di sekolah dasar belum berjalan secara
optimal. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik
dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses di kelas III SD N 46 Koto
Panjang Kec. Koto Tangah Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. PTK merupakan proses
perbaikan pembelajaran. Perancangan penelitian disusun meliputi:(1) lokasi
penelitian, (2) subjek penelitian, (3) waktu penelitian, (4) siklus dan alur penelitian.
(5) refleksi awal, (6) perencanaan, (7) pelaksanaan, (8) pengamatan, (9) refleksi.
Subjek penelitian guru dan siswa yang berjumlah 28 orang terdiri dari 10 Laki-laki
dan 18 perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan
proses ini dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar tematik tema kerajinan
tangan di kelas III SD N 46 Koto Panjang Padang. Siklus I, aktivitas belajar siswa
mencapai 68,1 % dengan kategori cukup pada siklus II mengalami peningkatan
menjadi 83,3% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 61,9
dengan kategori cukup pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 79,2 dengan
kategori baik

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:34
Last Modified: 14 Apr 2025 04:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5460

Actions (login required)

View Item
View Item