Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pecahan berbasis Model Penemuan Terbimbing untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Fernandes, Mimik (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pecahan berbasis Model Penemuan Terbimbing untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MIMIK_FERNANDES_18124030_1198_2020.pdf] Text
B1_1_MIMIK_FERNANDES_18124030_1198_2020.pdf

Download (859kB)

Abstract

Hasil penelitian pendahuluan menyatakan materi pecahan merupakan materi
yang sulit dipahami oleh peserta didik. Hal ini disebabkan pada saat pembelajaran
pendidik belum mengembangkan perangkat pembelajaran pecahan. Perangkat
pembelajaran pecahan yang digunakan di kelas hanya fokus pada RPP, sementara
RPP belum optimal karena belum diiringi dengan LKPD yang mampu
membimbing peserta didik menemukan konsep pecahan. Oleh sebab itu,
dirancanglah perangkat pembelajaran pecahan berbasis model penemuan
terbimbing yang diimplementasikan pada RPP dan LKPD.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp
terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan
tahap penilaian. Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan dan penilaian
perangkat pembelajaran melalui tahap-tahap evaluasi formatif. Subjek uji
lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD
Negeri 11,16, dan 17 Enam Lingkung. Instrumen yang digunakan adalah lembar
validasi RPP, LKPD, angket respon guru, angket respon peserta didik. Sebelum
instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu
divalidasi oleh validator.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran
pecahan berbasis model penemuan terbimbing melalui RPP dan LKPD sudah
valid, praktis dan efektif. Dikatakan valid karena memenuhi karakteristik
kevalidan baik segi isi maupun konstruk. Dikatakan praktis karena produk ini
mudah digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan sangat efesien,
sangat menarik dan berkontribusi terhadap pembelajaran pecahan. Selanjutnya
dikatakan efektif karena penggunaan perangkat pembelajaran ini memberikan
dampak potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta
didik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:34
Last Modified: 14 Apr 2025 04:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5458

Actions (login required)

View Item
View Item