Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Kelas V Sekolah Dasar

Metrianis, Metrianis (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_METRIANIS_17124103_3832_2021.pdf] Text
B1_1_METRIANIS_17124103_3832_2021.pdf

Download (724kB)

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut guru lebih kreatif dan mampu mengantarkan peserta didik untuk dapat berbaur dengan era revolusi Industri 4.0. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh inimnya lembar kerja yang digunakan guru dalam proses pembelajaran matematika di kelas yang sebagian besar masih mengandalkan buku tema yang diedarkan oleh pemerintah sehingga keterampilan 4C dalam diri siswa belum tercapai yang mengakibatkan siswa belum termotivasi maksmal dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis STEM untuk kelas VSD yang Valid, Praktis, dan efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal (preliminary investigation), Fase pembuatan prototipe (prototyping phase) dan fase penilaian (assessment phase), Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 07 Teladan Bukit Cangang Kota Bukittingi sebanyak 22 orang. Data penelitian adalah data hasil pengembangan LKPD berbasis STEM untuk kelas V SD. Peelitan menunjukan hasil analisis data validasi buku ajar oleh para ahli dan praktisi pendidikan dperoleh rata-rata 88,15 kategori sangan valid. Hasil uji praktikalitas dengan menggunakan angket guru dan siswa diperoleh rata-rata 89,28 dan 93,4 dengan kategori paktie. efektifitas LKPD berbasis STEM ini juga ditunjukn oleh peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa dalam pembelajaran setelah menggunakan LKPD berbasis STEM.
Berdasrkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM untuk kelas V sekolah dasar yang dikembangkan dinyatakan valid, sangat praktis, dan efektif digunakan di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:33
Last Modified: 14 Apr 2025 04:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5442

Actions (login required)

View Item
View Item