Proses Pembelajaran Berbasis Karakter di SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi.

Noval, Media (2016) Proses Pembelajaran Berbasis Karakter di SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MADIA_NOVAL_1303876_025_2017.pdf] Text
B1_01_MADIA_NOVAL_1303876_025_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi upaya pengembangan pembelajaran berbasik karakter tidak bisa berjalan secara utuh disebabkan oleh guru kurang memahami proses internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran, belum adanya buku panduan tentang internalisasi nilai karakter dan kurangnya dana alokasi sarana dan prasarana dalam mendukung implementasi nilai karakter. Sehingga menyebabkan proses internalisasi menjadi terhambat. Oleh karena itu penelitian
ini bertujuan untuk mendefinisikan bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis karakter, bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter dan faktor apa yang menghambatan pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan ditentukan dengan menggunakan Purposive Sampling (memilih dengan sengaja) yaitu menentukan informan dengan pertimbangan tertentu dapat memberikan data yang maksimal mengenai proses pembelajaran berbasis karakter di SD 04 Birugo Bukittingi. Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi,selanjutnya dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa (1) Rencana Pelaksaan Pembelajaran berbasis karakter yang dilaksanakan di SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi telah disusun sesuai dengan standar penyususnan RPP berkarakter,
namun ada beberapa indikator yang belum tercapai disebabkan guru belum memiliki buku panduan karakter sehingga internalisasi nilai karakter tidak jelas (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi melalui integrasi kedalam setiap materi pembelajaran, integrasi kedalam mata pelajaran muatan lokal seperti BAM, bahasa jepang dan pendidikan al-qu’an yang diintegrasikan kedalam mata pelajaran PAI, integrasi melalui
kegiatan pengembangan diri seperti kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan pembiasaan, kegiatan nasionalisme, dan kegiatan diluar kelas. (3) faktor yang menghambatan pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SD Negeri 04 Birugu Bukittinggi diantaranya kurangnya kerja sama keluarga dalam internalisasi nilai karakter, kurangnya kerja sama lingkungan sebagai agen kontrol sosial di lapangan dan belum ada buku acuan atau panduan untuk dalam internalisasi nilai
karakter

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:33
Last Modified: 14 Apr 2025 04:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5441

Actions (login required)

View Item
View Item