Misvaindra, Dolandari (2022) Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Kelas V Sekolah Dasar Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DOLANDARI_MISVAINDRA_19124044_1926_2023.pdf [thumbnail of B1_1_DOLANDARI_MISVAINDRA_19124044_1926_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DOLANDARI_MISVAINDRA_19124044_1926_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa mengalami kesulitan dalam
menulis narasi dan rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam menulis narasi.
Untuk itu, perlu terobosan baru dalam pembelajaran menulis narasi yaitu dengan
menggunakan media pembelajaran animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendapatkan informasi tentang pengaruh penggunaan media animasi terhadap
keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VSekolah Dasar Negeri 10 Surau
Gadang Kota Padang.
Jenis penelitian adalah quasy eksperiment.Populasinya adalah seluruh siswa
kelas V yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 40 orang.Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan
menggunakan tes pengetahuan awal dan tes keterampilan menulis narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)keterampilan menulis narasi pada
siswa yang pembelajarannya menggunakan media animasi lebih tinggi daripada
keterampilan menulis narasi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan
media gambar seri dengan nilai thitung =2,486 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel =
1,68); (2)keterampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan
awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan media animasi lebih tinggi
daripada keterampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan
awal tinggi serta yang pembelajarannya menggunakan media gambar seri dengan
nilai thitung= 1,838 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 1,72); (3)keterampilan
menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang yang
pembelajarannya menggunakan media animasi lebih tinggi daripadaketerampilan
menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang
pembelajarannya menggunakan media gambar seri dengan nilai thitung = 1,829 dan
taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 1,72);dan (4) tidak terdapat interaksi yang signifikan
antara pengetahuan awal dan media animasi terhadap keterampilan menulis narasi
dengan nilai Fhitung =0,345 dan taraf signifikansi 0,05 (Ftabel = 4,11). Berdasarkan
penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media
animasidan pengetahuan awal terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa
kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Surau Gadang. Rekomendasi penelitian ini
adalah media animasidapat diajukan sebagai dasar pemikiran bahwa media
animasidan pengetahuan awal merupakan faktor yang dapat meningkatkan
keterampilan menulis narasi.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 04:33 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 04:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5434 |