Saputra, Donni (2012) Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Manajerial terhadap Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri Kecamatan Bayang, IV Jurai, dan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DONNI_SAPUTRA_19657_66_2013.pdf [thumbnail of B1_1_DONNI_SAPUTRA_19657_66_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DONNI_SAPUTRA_19657_66_2013.pdf
Download (422kB)
Abstract
Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah merupakan aspek terpenting dalam
mencapai tujuan pendidikan. Berdasarkan pra survey yang dilakukan di SD Negeri di
Kecamatan Bayang, IV Jurai, dan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
tergambar bahwa Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah masih kurang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah Motivasi berprestasi dan
Kemampuan Manajerial berkontribusi terhadap Pelaksanaan manajemen berbasis
sekolah SD Negeri di Kecamatan Bayang, IV Jurai, dan Koto XI Tarusan Kabupaten
Pesisir Selatan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah; 1) Motivasi
berprestasi berkontribusi terhadap Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah, 2)
Kemampuan Manajerial berkontribusi terhadap Pelaksanaan manajemen berbasis
sekolah, 3) Motivasi berprestasi dan Kemampuan Manajerial secara bersama-sama
berkontribusi terhadap Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala SD Negeri di Kecamatan
Bayang, IV Jurai, dan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah
sebanyak 116 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
Stratified Proportional Random Sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 57 orang.
Data dikumpulkan dengan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data
dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa; 1) Motivasi berprestasi berkontribusi
sebesar 41,2% terhadap Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah, 2) Kemampuan
Manajerial berkontribusi terhadap Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah sebesar
11,6%, dan 3) Motivasi berprestasi dan Kemampuan Manajerial secara bersama-sama
berkontribusi terhadap Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah sebesar 46,7%.
Selanjutnya analisis deskriptif mengungkapkan bahwa Pelaksanaan Manajemen
Berbasis Sekolah danMotivasi berprestasi berada pada kategori baik, sedangkan
Kemampuan Manajerial masih berada pada kategori kurang.
Hasil penelitian ini berimplikasi bahwa untuk meningkatkan Pelaksanaan
manajemen berbasis sekolah SD Negeri di Kecamatan Bayang, IV Jurai, dan Koto XI
Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dapat dilakukan melalui peningkatan Motivasi
berprestasi dan Kemampuan Manajerial.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 01:11 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 01:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5422 |