Ayu, Poni Putri (2020) Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_PONI_PUTRI_AYU_16016021_2685_2020.pdf [thumbnail of B1_02_PONI_PUTRI_AYU_16016021_2685_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_PONI_PUTRI_AYU_16016021_2685_2020.pdf
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sebelum menggunakan model picture and picture. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks
prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sesudah menggunakan model picture and picture. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 318 siswa dari 10 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling berdasarkan standar deviasi dari sepuluh kelas tersebut. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII 3 SMP Negeri 13 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks prosedur. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus
rata-rata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sebelum menggunakan model picture and picture berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 61,98. Kedua,
keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sesudah menggunakan model picture and picture berada pada kualifikasi Baik (B) dengan
nilai rata-rata 83,72. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H ) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena t hitung > t(8,36 > 1,70).
Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata keterampilan menulis teks prosedur terlihat 1 tabel bahwa penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Oleh karena itu, disimpulkan penggunaan model picture and picture memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 10:00 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 10:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5374 |