Efektivitas Penggunaan Aplikasi Survey Heart Sebagai Media Penilaian Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik

Junita, Piya Wahyuni (2021) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Survey Heart Sebagai Media Penilaian Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_PIYA_WAHYUNI_JUNITA_17046179_196_2022.pdf] Text
B1_02_PIYA_WAHYUNI_JUNITA_17046179_196_2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan penilaian hasil belajar sejarah dimana guru sering keliru didalam merekap penilaian di buku penilaian dikarenakan prosesnya masih manual dan guru ragu menggunakan hal-hal baru
dalam penilaian komputerisasi. Solusinya adalah mengenalkan aplikasi survey heart ini sebagai media penilaian hasil belajar. Dengan menggunakan aplikasi survey heart bisa membantu dalam proses penilaian hasil belajar yang langsung
keluar skor ujian peserta didik dan guru lebih efesien dan mudah merekap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan aplikasi survey heart. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa praktis dan
efektif menggunakan aplikasi survey heart sebagai penilaian hasil belajar sejarah peserta didik di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan fakta yang ada di lapangan dalam mengujicobakan penggunaan aplikasi survey heart sebagai media penilaian hasil belajar
sejarah. Aspek yang dilihat adalah kepraktisan dan keefektifan aplikasi survey heart. Subjek penelitian ini berjumlah 31 peserta didik dan 3 guru Sejarah.
Instrumen pengumpulan data adalah angket tentang penggunaan aplikasi survey heart dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan rumus rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan penggunaan aplikasi survey heart menurut guru tergolong sangat praktis (rerata 3,91).Kepraktisan penggunaan aplikasi survey heart berdasarkan respon peserta didik tergolong sangat praktis (rerata 3,59). Sedangkan keefektifan penilaian hasil belajar sejarah menggunakan aplikasi survey heart menurut guru tergolong sangat
efektif (rerata 3,81). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi survey heart dapat mempermudah kerja guru dari segi waktu
dan tenaga dalam proses penilaian hasil belajar dan peserta didik dapat melihat skor secara langsung otomatis dari aplikasi survey heart. Disarankan kepada
sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan aplikasi survey heart dalam penilaian hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 11 Apr 2025 09:59
Last Modified: 11 Apr 2025 09:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item
View Item