Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari

Novalinda, Amira (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AMIRA_NOVALINDA_17029135_2490_2021.pdf] Text
B1_01_AMIRA_NOVALINDA_17029135_2490_2021.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan
matematis yang harus dimiliki oleh peserta didik sebagaimana tertera dalam tujuan
pembelajaran matematika dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Namun,
berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 3 Batanghari menunjukkan bahwa
pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII masih tergolong rendah.
Salah satu penyebab permasalahan ini adalah pembelajaran yang berfokus pada
penyampaian guru (teacher centre). Oleh sebab itu, dilakukan sebuah penelitian
dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) guna
meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Selain itu, pada era
new normal saat ini, setelah melewati masa krisis pendemi Covid-19, sistem
pembelajaran yang diterapkan di SMPN 3 Batanghari adalah secara luring dengan
pertemuan tatap muka dan daring, dimana pada penelitian ini media pembelajaran
daring yang digunakan adalah zoom meeting. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis
peserta didik kelas VIII setelah diterapkannya model pembelajaran PBL serta
menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta
didik yang pembelajarannya menggunakan model problem based learning lebih
baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya
menggunakan model konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dan
penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian yaitu nonequivalent posttest-only
control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII
SMP Negeri 3 Batanghari dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas
VIII.8 kelompok B sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII.7
kelompok B sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik sampel yang digunakan
adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan
tes akhir pemahaman konsep matematis.
Berdasarkan hasil penelitian kuis diperoleh hasil bahwa terjadi
peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3
Batanghari. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis tes akhir dengan � = 0,05
diperoleh � − ����� = 0,000 yang berarti tolak �0. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL
terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3
Batanghari.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 11 Apr 2025 09:38
Last Modified: 11 Apr 2025 09:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item
View Item