Afrinovera, Afrinovera (2016) Interaksi Pembelajaran Orang Dewasa ‟Studi Kasus di Bengkel di Kanagarian Koto Baru Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya". Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AFRINOVERA_19997_1277_2016.pdf [thumbnail of B1_1_AFRINOVERA_19997_1277_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AFRINOVERA_19997_1277_2016.pdf
Download (480kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya bentuk sistem pembelajaran yang
bersifat informal di bengkel. Dalam pembelajaran yang bersifat informal tersebut
melibatkan orang dewasa yaitu pemilik bengkel, pekerja, dan pengunjung tetap di
bengkel tersebut. Secara garis besar, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan
bagaimana proses pembelajaran orang dewasa di bengkel yang ada di Kenagarian
Koto Baru Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Secara khusus penelitian
ini untuk melihat: tujuan pembelajaran, aktor dalam proses pembelajaran orang
dewasa di bengkel, metode pembelajaran, materi, evaluasi pembelajaran orang
dewasa di bengkel.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitiannya studi kasus. Subjek penelitian ini adalah orang dewasa yang menjadi
pemilik, pekerja, dan pengunjung tetap bengkel. Penjaringan informan menggunakan
teknik bola salju atau snow ball sampling. Pengumpulan data melalui observasi
partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tingkatan,
yakni: reduksi, display data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian proses interaksi pembelajaran orang dewasa di bengkel,
yaitu: tujuan pembelajaran tidak dapat dijelaskan secara rinci, dirumuskan setelah
pembelajaran berlangsung. Di dalam proses interaksi pembelajaran orang dewasa di
bengkel aktor pembawa informasi (pengajar) dan pendengar informasi (pelajar).
Keduanya menjalankan perannya secara bergantian yang saling membelajarkan,
metode yang digunakan dalam bentuk diskusi, demonstrasi. Materi pembelajaran dari
fenomena yang berkembang dimasyarakat yang berhubungan dengan kehidupan
sehari-hari. Evaluasi yang dilakukan berupa penilaian secara langsung dari satu pihak
ke pihak lainnya baik dalam bentuk pujian ataupun kritikan. Berdasarkan temuan
penelitian, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
perlu kiranya pemberdayagunaan pembelajaran yang berlatar informal seperti
interaksi pembelajaran orang dewasa di bengkel.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 07:35 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5341 |