Mahdalena, Afriya (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pembelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AFRIYA_MAHDALENA_20124002_2022.pdf [thumbnail of B1_1_AFRIYA_MAHDALENA_20124002_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AFRIYA_MAHDALENA_20124002_2022.pdf
Download (730kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan berpikir kritis
siswa dipengaruhi, model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar
belum terlihat, siswa memperoeh pengetahuan dari penjelasan guru saja ,dan soal
yang diberikan masih berupa soal-soal di buku siswa dan belum mampu
mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
1. menjelaskan perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen
dengan siswa kelompok konvensional 2. perbedaan kemampuan berpikir kritis
siswa laki laki dan siswa perempuan pada kelompok eksperimen dengan
konvensional. 3. interaksi mengunakan model pembelajaran matematika terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen dengan
konvensional.
Jenis penelitian yang digunakan Metode faktorial desain treatment by level
2x2, pada kedua kelas sampel diterapkan perlakuan yang berbeda, pada kelas
eksperimen model inkuiri sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pendekatan
konvensional. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Nagari Malai
Kec.Sungai Geringging dengan sampel SDN 19 sungai geringging kelas
eksperimen dan SDN 07 Sungai Geringging kelas kontrol, Pengambilan sampel
dengan teknik multitistage random sampling, teknik analis data mengunakan
statistik deskriptif dan statistik inferensial, analisis statistik deskriptif berupa
deskripsi data hasil penelitian, sedangkan analisis deskriptif inferensial berupa uji
ANAVA dua jalur.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan Terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok
konvensional kelas II SD Di Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai
Geringging, Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa laki laki dan
siswa perempuan pada kelompok eksperimen dengan konvensional kelas II SD
Di Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging, terdapat Interaksi
mengunakan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa pada kelompok eksperimen dengan konvensional kelas II SD Di Nagari
Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 07:25 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5338 |