Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Rani, Afriza Rahma (2019) Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AFRIZA_RAHMA_RANI_17124076_6010_2019.pdf] Text
B1_1_AFRIZA_RAHMA_RANI_17124076_6010_2019.pdf

Download (983kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan penggunaan Lembaran Kerja
Peserta Didik yang dipakai dalam pembelajaran yang diterbitkan secara kolektif oleh
pemerintah, dan guru berfokus pada buku peserta didik, lembaran kerja peserta didik
yang ada kurang terlihat pemecahan masalah yang memadukan beberapa disiplin ilmu
sehingga pembelajaran kurang aktif dan kurang mampu menggali berpikir kritis peserta
didik sesuai dengan model kurikulum 2013. Tujuan yang hendak dicapai adalah
menghasilkan lembaran kerja peserta didik dengan Problem Based Learning yang valid,
praktis, dan efektif.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D pendefinisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Subjek
uji coba adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Padang Utara. Validasi
LKPD dilakukan dengan syarat menvalidasi didaktik, konstruksi dan teknis. Kepraktisan
lembaran kerja peserta didik dilihat dari mengamati pelaksanaan pembelajaran, pengisian
angket praktikalitas oleh guru dan peserta didik, sedangkan keefektifan dilihat dari
mengamati aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaran kerja peserta didik dengan
model PBL yang dikembangkan telah memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.
Lembar kerja peserta didik berbasis PBL pada kelas IV Sekolah Dasar telah dinyatakan
valid. Hasil uji praktikalitas secara keseluruhan (keterlaksanaan pembelajaran, angket
respon guru dan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik) diperoleh persentase
kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas secara keseluruhan (aktivitas dan hasil belajar
peserta didik) diperoleh dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, lembaran kerja
peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
lembar kerja peserta didik dengan model PBL di kelas IV Sekolah Dasar yang telah
dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 11 Apr 2025 07:25
Last Modified: 11 Apr 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5334

Actions (login required)

View Item
View Item