Zuraida, Zuraida (2012) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas VIII-E Melalui Model Pembelajaran Buzz Groups di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_ZURAIDA_71622_2061_2012.pdf [thumbnail of B1_3_ZURAIDA_71622_2061_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_ZURAIDA_71622_2061_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Aktifitas merupakan hal yang penting dalam pembelajaran, karena denganaktifitas siswa akan termotifasi dalam pembelajaran dan diharapkan dapat pulaberkonstribusi terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan yang sering muncul dalampembelajaran biologi pada Kelas VIII-E SMP Negeri 1 Padang adalah rendahnyaaktifitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, walaupun berbagai metodepembelajaran telah dilakukan. Oleh sebab itu telah dilakukan Penelitian TindakanKelas (PTK) untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa melalui model pembelajaranBuzz Groups.PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakandalam 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalahlembaran observasi aktifitas siswa. Aktifitas yang diamati adalah mencatat hasilpraktikum, memanfaatkan waktu dengan efektif, berperan dalam kelompokpraktikum, bertanya atau memberi saran, berinteraksi dalam diskusi kelompok,merangkum jawaban, mencatat kesimpulan. Data dianalisis secara deskriptif dandisajikan dalam bentukpersentase (%).Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran BuzzGroups dapat meningkatkan aktifitas belajar biologi siswa Kelas VIII-E SMP Negeri1 Padang. Aktifitas siswa dalam mengamati dan mencatat hasil praktikum pada siklusI 39,69%, siklus II 91,27%, memanfaatkan waktu dengan efektif pada siklus I62,69%, dan siklus II 88,09%, berperan dalam kelompok praktikum pada siklus I66,7%, siklus II85,7%, bertanya atau memberi saran pada siklus I 61,09%, silkus II79,69%, berintraksi dalam diskusi kelompok pada siklus I 57,92% siklus II 77,85%,merangkum jawaban pada siklus I 61,90%, siklus II 96,83%, dan aktifitas siswamencatat kesimpulan pada siklus I 64,28% dan siklus II 96,83%). Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Buzz Groups dapat meningkatkanaktifitas belajar biologi siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 1 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BELAJAR SISWA, BIOLOGI, MODEL PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 07:25 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5328 |