Penerapan Konsep Geografi Pada Buku Teks Geografi Terbitan Cempaka Putih dan Soal Ulangan Harian Geografi Kelas XII IPS SMA Negeri 8 Padang

Ramadhani, Amalia (2021) Penerapan Konsep Geografi Pada Buku Teks Geografi Terbitan Cempaka Putih dan Soal Ulangan Harian Geografi Kelas XII IPS SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AMALIA_RAMADHANI_17045081_1542_2021.pdf] Text
B1_01_AMALIA_RAMADHANI_17045081_1542_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar penerapan konsep geografi pada buku teks geografi terbitan Cempaka Putih dan soal ulangan harian geografi yang digunakan SMAN 8 Padang kelas XII. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis konten/isi.
Sumber penelitian ini adalah buku teks geografi terbitan Cempaka putih dan lembar soal ulangan harian geografi kelas XII. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase. Terdapat 4 bab pembahasan dalam buku teks dengan jumlah bacaan perparagraf seluruh bab yaitu 241 paragraf. Jumlah pertanyaan dalam buku teks seluruh bab adalah 115 soal yang terbagi berdasarkan letak yaitu di awal bab, tengah bab, dan akhir bab. Jumlah soal ulangan harian geografi kelas XII adalah 50 soal, 10 soal pada KD 3.1, 20 soal pada KD 3.2, 10 soal pada KD 3.3, dan 10 soal pada KD 3.4.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total bacaan perparagraf adalah 241 paragraf dengan persentase kandungan konsep geografi sebesar 16,59% yang termasuk kategori sangat rendah. Jumlah pertanyaan dalam buku teks adalah 115 soal dengan persentase 10,43% merupakan pertanyaan yang mengandung konsep geografi, termasuk kategori sangat rendah. Jumlah soal ulangan harian geografi kelas XII adalah 50 soal dengan persentase kandungan konsep geografi sebesar 6% yang termasuk kategori sangat rendah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep geografi pada buku teks dan ulangan harian kelas XII didominasi kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Konsep Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 11 Apr 2025 07:24
Last Modified: 11 Apr 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5322

Actions (login required)

View Item
View Item