Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 6 Padang dalam Melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin)

Mardani, Nuzra (2017) Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 6 Padang dalam Melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_NUZRA_MARDANI_13996_1712_2017.pdf] Text
B1_02_NUZRA_MARDANI_13996_1712_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang menunjukkan kurangnya kesiapan kerja siswa dalam melaksanakan praktik kerja industri, hal ini dapat terlihat dari siswa yang akan melaksanakan Prakerin merasa canggung dan takut salah dalam mengerjakan tugas yang diberikan, Tidak pahamnya siswa tentang koreksi wajah misalnya terdapatnya kelainan kulit wajah seperti jerawat,
siswa susah dan tidak mengerti bagaimana cara merawat wajah klien yang berjerawat dan siswa merasa bingung kosmetik apa yang akan diberikan kepada klien tersebut. Kurangnya pengetahuan siswa terhadap prosedur pengurutan baik
itu pengurutan kulit wajah maupun tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesiapan kerja siswa Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 6 Padang dalam melaksanakan praktik kerja industri (Prakerin) yang dinilai dari
kesiapan kognitif dan kesiapan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Negeri 6 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2016/2017 Jurusan Tata Kecantikan Kulit dengan jumlah 56 orang dan
semuanya dijadikan sampel (total sampling). Teknik pengambilan data untuk data kogntif menggunakan test atau soal dan untuk data psikomotor menggunakan angket (kuisioner). Berdasarkan análisis data diperoleh hasil bahwa kesiapan kerja siswa dalam melaksanakan prakerin, kesiapan pengetahuan (kognitif) diperoleh tingkat pencapaian responden sebesar 62.02% dengan kategori rendah untuk siswa tata kecantikan kulit. Pada kesiapan kerja siswa dalam melaksanakan prakerin berdasarkan kesiapan keterampilan (psikomotor) berada pada persentase 65.26%
dengan kategori sedang, uraian masing-masing sub indikator yaitu meniru pada persentase 67.00%, manipulasi 67.14%, ketepatan gerak 63.75%, artikulasi 64.93% dan naturalisasi 63.13%. Dari hasil penelitian dapat disarankan bagi
pihak- pihak yang terkait untuk lebih dapat meningkatkan kesiapan kerja siswa supaya siap untuk memasuki dunia kerja.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 08 Apr 2025 07:18
Last Modified: 08 Apr 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5118

Actions (login required)

View Item
View Item