Zakiyanur, Zakiyanur (2016) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Deskripsi dengan Media Gambar di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ZAKIYANUR_14124061_523_2017.pdf [thumbnail of B1_01_ZAKIYANUR_14124061_523_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ZAKIYANUR_14124061_523_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi peserta didik Sekolah
Dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis
deskripsi adalah bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan
kebutuhan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam kurikulum.
Untuk itu, perlu dikembangkan bahan ajar menulis deskripsi yang
dapat membantu peserta didik untuk memahami pembelajaran sesuai
dengan tahapan menulis yaitu pramenulis, saat menulis, dan
pascamenulis . Pada penelitian ini dikembangkan bahan ajar menulis
deskripsi dengan media gambar yang diharapkan dapat mencapai
sasaran tersebut. Tujuan yang yang hendak dicapai dari upaya
pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar menulis deskripsi
dengan media gambar yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and
development). Model pengembangan yang digunakan adalah model
4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data
penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan
ajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah divalidasi
oleh tiga orang validator ahli dan tiga orang validator praktisi. Data
kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, angket respon guru dan peserta
didik. Keefektifan dilihat dari proses pembelajaran menulis deskripsi
dan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian tahap define diperoleh melalui analisis
kurikulum, analisis kebutuhan dan analisis peserta didik. Tahap
design telah menghasilkan rancangan bahan ajar dengan media
gambar. Hasil validasi RPP pada tahap develop rata-rata 3,90 dengan
kategori sangat valid, validasi bahan ajar rata-rata 3,83 dengan
kategori sangat valid. Observasi keterlaksanaan RPP memperoleh
95% dengan kategori sangat praktis. Angket respon guru 92,5%
dengan kategori sangat praktis, angket respon peserta didik 91,65%
dengan kategori sangat praktis. Penilaian aktivitas peserta didik rata�rata 82,61% pada tahap uji coba dan 82,34% pada tahap disseminate
dengan kategori sangat baik.. Dengan demikian, disimpulkan bahwa
bahan ajar menulis deskripsi dengan media gambar telah dinyatakan
valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 07 Apr 2025 02:12 |
Last Modified: | 07 Apr 2025 02:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5098 |